top of page
Cari
Gambar penulisWHAT'S UP! SHOKOSEI

7 Dewa Keberuntungan

Diperbarui: 28 Mar 2018


Konnichiwa minna-san~


Apakah kalian pernah mendengar tentang "Tujuh Dewa Keberuntungan" ?

Tujuh dewa keberuntungan atau Shichi fukujin (七 福神) merupakan salah satu mitologi Jepang yang dipercaya membawa keberuntungan. Salah satu dewa dari tujuh dewa keberuntungan adalah Ebisu (恵比寿). Arti kata "Ebisu" atau "Emishi" adalah orang yang datang dari laut seberang, orang yang pergi jauh, atau orang yang datang dari jauh. Ebisu juga memiliki nama lain yaitu Hiruko (蛭子), atau Kotoshiro-nushi-no-kami (事代主神).

Ebisu merupakan dewa keberuntungan bagi pedagang, pengusaha, dan nelayan. Ebisu merupakan satu-satunya dewa dari tujuh dewa keberuntungan yang asli berasal dari Jepang. Asal usul Ebisu dapat dibilang sedikit rumit, karena setidaknya ada tiga penjelasan mengenai asal usul Ebisu.


1. Ebisu adalah anak Izanami dan Izanagi yang bernama Hiruko no mikoto (蛭子命). Ia dilahirkan dengan kedua belah kaki yang cacat sehingga sulit berjalan. Tapi ada juga yang menyebutkan bahwa Hiroko lahir tanpa tangan, kaki, atau tulang. Hiruko berjuang untuk bertahan, tapi karena ia tidak dapat berdiri, orang tuanya akhirnya menaikkannya ke atas perahu dan menghanyutkannya. Arus laut membawa perahu yang dinaikinya hingga sampai di Nishinomiya. Setelah dewasa Hiruko menjadi dewa keberuntungan bagi nelayan dan pedagang, dan sekarang dimuliakan sebagai Ebisu di Kuil Nishinomiya, Prefektur Hyogo.


2. Ebisu adalah Sukunahikona (Small Man of Renown) yang bersosok tubuh kecil, kurang lebih setinggi jari telunjuk. Bersama Ōkuninushi (Daikoku-san), Sukunahikona berkeliling Jepang untuk membuka lahan dan pemukiman baru. Selain itu, ia pandai menemukan sumber air panas untuk dibuat pemandian air panas. Di kuil-kuil Ebisu, Sukunahikona dan Ōkuninushi selalu dimuliakan secara berdampingan.


3. Ebisu adalah anak dari Ōkuninushi (大国主) yang bernama Kotoshironushi/Kotoshironushikami (事代主神). Ia bertugas sebagai juru bicara para Kami (Dewa/Tuhan).



Author : Istiqomah (@isti_1412)


593 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page